Entri Populer

Jumat, 26 September 2008

MAKSUD DAN TUJUAN ALLAH




Pelajaran kita kali ini adalah mengenai "maksud dan tujuan Allah" yang digambarkan melalui angka "3" yang seringkali muncul dalam peristiwa-peristiwa yang terjadi sehubungan dengan penyaliban YesusKristus. Walaupun kita akan melihat pada 13 peristiwa yang berbeda tetapi catatan ini tidaklah menyeluruh.



1. Tiga Lokasi -- Getsemani, Gabata dan GolgotaKita membaca tentang penderitaan dari jiwa Kristus yang hancur di Taman Getsemani dalam kitab Lukas 22:44 yang berkata demikian: "Ia sangat ketakutan dan makin bersungguh-sungguh berdoa. Peluh-Nya menjadi seperti titik-titik darah yang bertetesan ke tanah. "Dalam bahasa Ibrani kata "Getsemani" berarti "kilangan anggur", dan disitu Kristus sudah mulai mengalami penderitaan dari Neraka untuk umat-Nya ketika Ia dihancurkan secara rohani. Selanjutnya Yesus berdiri untuk dihakimi dihadapan Pilatus di tempat yang dalam bahasa Ibrani bernama "Gabata". Dalam kitab Yohanes 19:13kita membaca demikian: "Ketika Pilatus mendengar perkataan itu, ia menyuruh membawa Yesus keluar, dan ia duduk di kursi pengadilan, di tempat yang bernama Litostrotos, dalam bahasa Ibrani Gabata."Di tempat ini Pilatus, seorang gubernur Roma (yang menggambarkan Allah Bapa) diberikan otoritas untuk menghakimi Allah Putera, yang sebenarnya sangat jelas berdiri tidak bersalah, seperti yang Yesus katakan dalam kitab Yohanes 19:11 demikian: "Yesus menjawab: "Engkau tidak mempunyai kuasa apapun terhadap Aku, jikalau kuasa itu tidak diberikan kepadamu dari atas. Sebab itu: dia,yang menyerahkan Aku kepadamu, lebih besar dosanya."Walaupun Tuhan Yesus tidak pernah berbuat dosa dari diri-Nya sendiri,tetapi Dia menjadi berdosa karena dosa-dosa umat-Nya. Dengan demikian Dia ditemukan bersalah oleh Allah Bapa yang mengasihi-Nya, dandijatuhkan hukuman untuk menderita di dalam Neraka. Selanjutnya peristiwa penyaliban terjadi di atas sebuah bukit yangbernama "Golgota", yang berarti "Tempat Tengkorak". Dan penderitaanTuhan Yesus mencapai puncaknya ketika Ia berteriak seperti nubuat yangsudah ditulis kira-kira 1.000 tahun sebelumnya dalam kitab Mazmur 22:1yang berbunyi demikian:"Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan aku?"




2. Tiga Ratus Dinar Kita juga membaca suatu peristiwa tentang Maria, saudara dari Martha dan Lazarus. Dia membasahi kepala dan kaki Yesus dengan minyak narwastu murni yang berharga 300 dinar. Perhatikan bahwa angka "3" didalam bilangan 300 juga menunjuk kepada "maksud dan tujuan Allah"(3x100). Dan Yesus menjelaskan mengapa perempuan itu berbuat demikian dalam Matius 26:12 sbb: "Sebab dengan mencurahkan minyak itu ke tubuh-Ku, ia membuat suatu persiapan untuk penguburan-Ku."



3. Tiga Puluh Uang PerakPeristiwa lainnya yang menyangkut uang juga terlihat dalam peristiwa penghianatan Yesus. Dan sama seperti dalam kisah tentang minyak wangi,Yudas sangat terlibat dalam peristiwa ini. Dia menghianati Tuannya untuk 30 keping uang perak (perhatikan faktor 3x10). Dalam kitabMatius 26:15 kita membaca demikian: "Ia berkata: "Apa yang hendak kamu berikan kepadaku, supaya aku menyerahkan Dia kepada kamu?" Mereka membayar tiga puluh uang perak kepadanya."



4. Tiga Orang Murid Yang Pergi Bersama YesusPetrus, Yakobus dan Yohanes pergi bersama Yesus ke dalam Taman Getsemani (walaupun sebelas murid semuanya ada di dalam taman) sepertiyang dicatat dalam kitab Markus 14:33 demikian:"Dan Ia membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes serta-Nya. Ia sangat takut dan gentar, lalu kata-Nya kepada mereka: "Hati-Ku sangat sedih,seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah."



5. Yesus Berdoa Tiga Kali Dalam kitab Matius 26:44 kita membaca demikian:"Ia membiarkan mereka di situ lalu pergi dan berdoa untuk ketiga kalinya dan mengucapkan doa yang itu juga."




6. Tiga BendaOrang-orang yang ingin menangkap Yesus membawa tiga benda, yaitu lentera, suluh dan senjata. Dalam kitab Yohanes 18:3 kita membaca demikian:"Maka datanglah Yudas juga ke situ dengan sepasukan prajurit dan penjaga-penjaga Bait Allah yang disuruh oleh imam-imam kepala dan orang-orang Farisi lengkap dengan lentera, suluh dan senjata."



7. Petrus Menyangkal Yesus Tiga KaliDalam kitab Matius 26:75 kita membaca demikian:"Maka teringatlah Petrus akan apa yang dikatakan Yesus kepadanya: "Sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali." Lalu ia pergi ke luar dan menangis dengan sedihnya."



8. Tiga SalibKitab Yohanes 19:18 menyatakan kepada kita demikian:"Dan di situ Ia disalibkan mereka dan bersama-sama dengan Dia disalibkan juga dua orang lain, sebelah-menyebelah, Yesus ditengah-tengah."



9. Tiga Bahasa Yang Ditulis Pada Kayu SalibKitab Yohanes 19:20 mengajarkan kepada kita demikian:"Banyak orang Yahudi yang membaca tulisan itu, sebab tempat di manaYesus disalibkan letaknya dekat kota dan kata-kata itu tertulis dalam bahasa Ibrani, bahasa Latin dan bahasa Yunani."



10. Jam Ketiga Kitab Markus 15:25 menunjukkan kepada kita demikian:"Hari jam sembilan ketika Ia disalibkan." [Dalam kitab King Jamesdisini tertulis pada jam ketiga]



11. Tiga Jam Kegelapan Kitab Matius 27:45 menjelaskan kepada kita demikian:"Mulai dari jam dua belas kegelapan meliputi seluruh daerah itu sampai jam tiga."



12. Tiga Perempuan Yang Bernama MariaMaria ibu Yesus, Maria Magdalena dan Maria saudara ibu Yesus menyaksikan peristiwa penyaliban dari Tuhan kita. Dan sebenarnya namaMaria diambil dari kata Ibrani "Mara" yang berarti "pahit", seperti yang dijelaskan dalam kitab Rut 1:20 demikian:"Tetapi ia berkata kepada mereka: "Janganlah sebutkan aku Naomi; sebutkanlah aku Mara, sebab Yang Mahakuasa telah melakukan banyak yang pahit kepadaku."



13. Tiga Hari Tiga Malam Di Perut Bumi Kitab Matius 12:40 menyatakan demikian:"Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam. "Ungkapan "rahim bumi" yang menunjuk kepada perut ikan Paus adalah gambaran dari Neraka seperti yang kita temukan dalam kitab Yunus 2:2.Selagi kita menyadari bahwa angka 3 secara rohani menunjuk kepada"maksud dan tujuan Allah" dalam mengirim Yesus ke Kayu Salib "untuk menyelamatkan umat-Nya dari dosa-dosa mereka", setiap dari kita harusmenanyakan pertanyaan yang sangat penting ini kepada diri kita sendiri, "Apakah Yesus sudah membayar penuh seluruh upah dari dosa-dosa saya?"



"For all flesh is as grass, and all the glory of man as the flower ofgrass. The grass withereth, and the flower thereof falleth away. But the word of the Lord endureth for ever. And this is the word which bythe gospel is preached unto you." (1 Peter 1:24-25)



May the grace of the Lord Jesus Christ be with your spirit.

Tidak ada komentar: