Entri Populer

Minggu, 28 September 2008

KESAKSIAN ALLAH



"Satu orang saksi saja tidak dapat menggugat seseorang mengenai perkara kesalahan apapun atau dosa apapun yang mungkin dilakukannya; baru atas keterangan dua atau tiga orang saksi perkara itu tidak disangsikan." (Ulangan 19:15)
Ini adalah ayat yang sangat penting dimana Allah sendiri juga tunduk kepada hukum yang dibuat-Nya sendiri. Seperti contohnya kita dapat melihatnya dalam kitab Yohanes 5:7 dimana Allah menyatakan demikian: "Sebab ada tiga yang memberi kesaksian (di dalam sorga: Bapa [yaitu Allah Bapa], Firman [yaitu Allah Putera] dan Roh Kudus [yaitu Allah Roh Kudus]; dan ketiganya adalah satu."
Dan kitab 2 Korintus 13:1b menjelaskan demikian: "Baru dengan keterangan [yaitu kesaksian] dua atau tiga orang saksi suatu perkara sah." Dalam bahasa aslinya Yunani, kata "keterangan" (kesaksian) dalam ayat ini juga digunakan dalam kitab Matius 4:4 dan diterjemahkan sebagai "mulut". Disitu kita membaca demikian: "Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah."Jadi kita dapat berkata bahwa Allah menguatkan kesaksian-Nya di dalam setiap kata dan setiap huruf yang dihembuskan-Nya di dalam Firman-NyaYang Suci, Alkitab. Dalam kitab Lukas 16:17 Allah berkata demikian:"Lebih mudah langit dan bumi lenyap dari pada satu titik dari hukumTaurat batal." Dan kitab Mazmur 110:1-4 adalah ilustrasi yang indah tentang AllahBapa yang mengakui sifat ilahi dan misi dari Allah Putera sbb: "Demikianlah firman TUHAN [yaitu Allah Bapa] kepada Tuanku [yaituKristus]: "Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuhmu menjadi tumpuan kakimu." Tongkat kekuatanmu akan diulurkan TUHAN dari Sion: memerintahlah di antara musuhmu! Pada hari tentaramu bangsamu merelakan diri untuk maju dengan berhiaskan kekudusan; dari kandungan fajar tampil bagimu keremajaanmu seperti embun. TUHAN telah bersumpah,dan Ia tidak akan menyesal: "Engkau adalah imam untuk selama-lamanya,menurut Melkisedek [=Imam Mahdi]." Bagian akhir dari ayat ini juga dikutip dalam kitab Ibrani 7:17 yang kita baca demikian: "Sebab tentang Dia [yaitu Kristus] diberi kesaksian: "Engkau adalahImam untuk selama-lamanya, menurut peraturan Melkisedek." Dan dalam kitab 1 Yohanes 5:9-11 Allah juga menegaskan demikian: "Kita menerima kesaksian [marturia] manusia, tetapi kesaksian [marturia] Allah lebih kuat. Sebab demikianlah kesaksian [marturia]yang diberikan Allah tentang Anak-Nya. Barangsiapa percaya kepada Anak Allah, ia mempunyai kesaksian [marturia] itu di dalam dirinya; barangsiapa tidak percaya kepada Allah, ia membuat Dia menjadi pendusta, karena ia tidak percaya akan kesaksian [marturia] yangdiberikan Allah tentang Anak-Nya. Dan inilah kesaksian [marturia] itu. Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita dan hidup ituada di dalam Anak-Nya."
Perhatikan bahwa di dalam ayat-ayat ini kata Yunani yang sama untuk ungkapan "kesaksian" digunakan sebanyak 6 kali untuk menekankan fakta bahwa Injil yang berasal dari Pribadi dan karya Tuhan Yesus Kristus berlaku untuk semua orang yang ada di seluruh dunia. Dalam kitab Yohanes 18:37 kita membaca percakapan antara Yesus denganseorang gubernur Roma, Pontius Pilatus, dalam ayat itu kita membacademikian: "Maka kata Pilatus kepada-Nya: "Jadi Engkau adalah raja?" Jawab Yesus: "Engkau mengatakan, bahwa Aku adalah raja. Untuk itulah Aku lahir dan untuk itulah Aku datang ke dalam dunia ini, supaya Aku memberi kesaksian tentang kebenaran; setiap orang yang berasal dari kebenaran mendengarkan suara-Ku." Dan dalam kitab Yohanes pasal 5, ayat 31-32, dan ayat 34 dan ayat36-39 Yesus menekankan demikian: "Kalau Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, maka kesaksian-Ku itutidak benar; ada yang lain yang bersaksi tentang Aku dan Aku tahu,bahwa kesaksian yang diberikan-Nya tentang Aku adalah benar ........tetapi Aku tidak memerlukan kesaksian dari manusia, namun Akumengatakan hal ini, supaya kamu diselamatkan ........ Tetapi Aku mempunyai suatu kesaksian yang lebih penting dari pada kesaksian Yohanes, yaitu segala pekerjaan yang diserahkan Bapa kepada-Ku, supaya Aku melaksanakannya. Pekerjaan itu juga yang Kukerjakan sekarang, dan itulah yang memberi kesaksian tentang Aku, bahwa Bapa yang mengutusAku. Bapa yang mengutus Aku, Dialah yang bersaksi tentang Aku. Kamu tidak pernah mendengar suara-Nya, rupa-Nyapun tidak pernah kamu lihat,dan firman-Nya tidak menetap di dalam dirimu, sebab kamu tidak percaya kepada Dia yang diutus-Nya. Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebabkamu menyangka bahwa olehnya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku"Lebih lanjut dalam kitab Yohanes 15:26 Tuhan memberikan kita deskripsi tentang pekerjaan atau kesaksian dari Allah Roh Kudus demikian: "Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu RohKebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku [yaituKristus]."Dan kitab Yohanes 16:13-15 menambahkan demikian: "Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran , Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh Kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku [yaitu Kristus], sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku. Segalasesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku."
Dan dalam kitab 1 Yohanes 5:6b Tuhan menegaskan demikian: ".... Dan Rohlah yang memberi kesaksian, karena Roh adalah Kebenaran." Biarlah Tuhan membuat kita untuk mengenali kesaksian-Nya, yaitu--Alkitab-- [= Taurat + Zabur + Injil] sebagai buku hukum yang resmi berlaku dan dengan penuh kasih Tuhan telah memberikannya kepada umat manusia supaya kita dapat mempelajari kebenaran tentang siapakah kita,darimana kita berasal dan kemanakah kita akan pergi.
"All scripture is given by inspiration of God, and is profitable fordoctrine, for reproof, for correction, for instruction inrighteousness" (2 Timothy 3:16)
May the grace of the Lord Jesus Christ be with your spirit.

Tidak ada komentar: