Entri Populer

Kamis, 09 Oktober 2008

PENYALIBAN KRISTUS
"Anak dombamu itu harus jantan, tidak bercela, berumur setahun; kamu boleh ambil domba atau kambing. Kamu harus mengurungnya sampai hari yang keempat belas bulan ini; lalu seluruh jemaah Israel yang berkumpul, harus menyembelihnya pada waktu SENJA. Kemudian dari darahnya haruslah diambil sedikit dan dibubuhkan pada kedua tiang pintu dan pada ambang atas, pada rumah-rumah di mana orang memakannya. Dagingnya harus dimakan mereka pada malam itu juga, yang dipanggang mereka harus makan dengan roti yang tidak beragi beserta sayur pahit. Janganlah kamu memakannya mentah atau direbus dalam air, hanya dipanggang di API, lengkap dengan kepalanya dan betisnya dan isi perutnya. Janganlah kamu tinggalkan apa-apa dari daging itu sampai pagi, apa yang tinggal sampai pagi kamu bakarlah habis dengan api. Dan beginilah kamu memakannya: pinggangmu berikat, kasut pada kakimu dan tongkat di tanganmu; buru-burulah kamu memakannya; itulah Paskah bagi TUHAN. Sebab pada malam ini Aku akan menjalani tanah Mesir, dan semua anak sulung, dari anak manusia sampai anak binatang, akan Kubunuh, dan kepada semua allah di Mesir akan Kujatuhkan hukuman, Akulah, TUHAN. Dan darah itu menjadi tanda bagimu pada rumah-rumah di mana kamu tinggal. Apabila Aku melihat darah itu, maka Aku akan lewat dari pada kamu. Jadi tidak akan ada tulah kemusnahan di tengah-tengah kamu,apabila Aku menghukum tanah Mesir. Hari ini akan menjadi hari peringatan bagimu. Kamu harus merayakannya sebagai hari raya bagi TUHAN turun-temurun. Kamu harus merayakannya sebagai KETETAPAN untuk selamanya." (Keluaran 12:5-14)
Ini adalah bagian pertama dimana kita dapat membaca tentang penetapanPaskah Perjanjian Lama di dalam Alkitab. Dan kita harus ingat bahwa ketika domba jantan yang tidak bercela disembelih di dalam Bait Suci umat Yahudi untuk merayakan Paskah Perjanjian Lama, Yesus Kristus, yang adalah Anak Domba Allah yang "disembelih sejak sebelum dunia dijadikan" sedang tergantung di atas kayu Salib!
Kitab Markus 14:12 berkata demikian:
"Pada hari pertama dari hari raya Roti Tidak Beragi, pada waktu orang menyembelih domba Paskah, murid-murid Yesus berkata kepada-Nya: "Ketempat mana Engkau kehendaki kami pergi untuk mempersiapkan perjamuan Paskah bagi-Mu?"
Dan dalam kitab Wahyu 13:8 kita membaca demikian:
"Dan semua orang yang diam di atas bumi akan menyembahnya [yaitu menyembah iblis], yaitu setiap orang yang namanya tidak tertulis sejak dunia dijadikan di dalam kitab kehidupan dari Anak Domba, yang telah disembelih. "Dengan kata lain, Yesus adalah kegenapan dari segala peristiwa yangberhubungan dengan Anak Domba Paskah yang Allah katakan dalam ayat-ayat yang baru saja kita baca di atas. Adalah manusia yang berbuat dosa -- oleh karena itu Seorang manusia juga yang harus menjadi Sang Penebus. Dan kita juga menemukan pernyataan yang indah dalam kitab 1 Korintus5:7-8 yang berkata demikian:
"Buanglah ragi yang lama itu, supaya kamu menjadi adonan yang baru, sebab kamu memang tidak beragi. Sebab anak domba Paskah kita juga telah disembelih, yaitu Kristus. Karena itu marilah kita berpesta,bukan dengan ragi yang lama, bukan pula dengan ragi keburukan dan kejahatan, tetapi dengan roti yang tidak beragi, yaitu kemurnian dan kebenaran. "Dan berikut ini kita mau melihat 13 peristiwa yang berhubungan dengan penyaliban Kristus. Dalam Injil Perjanjian Baru kita menemukanbeberapa peristiwa yang berhubungan dengan penyaliban, tetapi ini tidak menyeluruh dan mereka juga tidak harus ada tertulis di dalam empat kitab Injil Perjanjian Baru yang pertama, tetapi paling tidak ada tertulis di dalam salah satu dari Injil-injil tersebut.
1. Kisah tentang seorang perempuan yang datang membawa buli-buli pualam berisi minyak wangi yang mahal, dan kemudian dicurahkan baik keatas kepala maupun kaki Yesus sebagai persiapan untuk PENGUBURAN-NYA. Yesus mengenali kasih perempuan ini dengan berjanji kepadanya bahwa apa yang diperbuatnya akan tertulis di dalam Injil dan diberitakan diseluruh dunia.
2. Deskripsi mengenai "Perjamuan Terakhir" menekankan kepentingan dari Roti dan Anggur, yang merupakan simbol dari tubuh dan darah Kristus yang dipecah-pecahkan untuk umat-Nya; nubuat tentang penghianatan Yudas dan mereka bernyanyi dan kemudian berpisah pada malam itu.
3. Penyangkalan Petrus sudah dinubuatkan oleh Tuhan Yesus.
4. Penderitaan Kristus di Taman Getsemani ketika "keringat-Nya bertetesan seperti titik-titik darah ke tanah" tetapi tiga orang murid utamanya tertidur. Ini adalah gambaran dari kematian rohani yangdiderita oleh organisasi gereja-gereja dan jemaat-jemaat.
5. Yudas menghianati Yesus dan Tuhan Yesus membiarkan diri-Nya untuk ditangkap oleh pengawal-pengawal Bait Allah untuk memenuhi nubuat Kitab Suci.
6. Para murid lari dan tercerai-berai tepat seperti nubuatan kitab Zakharia 13:7 yang berkata demikian: "Hai pedang, bangkitlah terhadap gembala-Ku, terhadap orang yang paling karib kepada-Ku!", demikianlah firman TUHAN semesta alam. "Bunuhlah gembala, sehingga domba-domba tercerai-berai! Aku akan mengenakan tangan-Ku terhadap yang lemah."
7. Pengadilan di depan Imam Besar dimana mereka memperlakukan Yesusdengan sangat jahat dan sangat tidak adil.
8. Petrus menyangkal Yesus tiga kali, yang juga merupakan gambaran dari kematian rohani yang diderita oleh organisasi gereja-gereja dan jemaat-jemaat.
9. Yudas menyesali perbuatannya dan mengembalikan 30 uang perak kepada imam-imam lalu ia bunuh diri.
10. Yesus muncul dalam pengadilan Pilatus dan dihukum mati -- ini adalah sebuah perumpamaan rohani dari Allah Bapa (yang digambarkan oleh Pilatus) yang menghukum Allah Putera, dimana Kristus harus mengalami "penderitaan rohani" yang setara dengan hukuman di dalam Api Neraka bagi umat-Nya.
11. Tuhan Yesus diperlakuan dengan kejam oleh para prajurit Roma.
12. Simon dari Kirene dipaksa untuk memikul salib Yesus.
13. Yesus dipaku di atas kayu salib untuk membuktikan bahwa Ia telah dikutuk oleh Allah, seperti yang ditunjukkan dalam kitab Galatia 3:13 demikian:
"Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!" Dan kitab 2 Korintus 5:21 menjelaskan demikian:
"Dia [yaitu Kristus] yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya [yaitu dibuat oleh Allah Bapa] menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah."
"Study to shew thyself approved unto God, a workman that needeth notto be ashamed, rightly dividing the word of truth." (2 Timothy 2:15)
May the grace of the Lord Jesus Christ be with your spirit.

Tidak ada komentar: