Entri Populer

Senin, 04 Juni 2012


TOR PELATIHAN PEMBUATAN BLOG MEDIA PEMBELAJARAN






1.      Latar Belakang
Dampak globalisasi bersifat multidimensional; dampak ini juga terasa dalam bidang pendidikan terutama pendidikan tinggi yang secara langsung berinteraksi dengan komunitas internasional. Secara spesifik, globalisasi mendorong terjadinya perubahan peran institusi pendidikan tinggi. Peran sebagai institusi pembelajaran tradisional tidak dapat dipertahankan lagi, dan perlu diubah menjadi institusi pencipta pengetahuan. Sementara itu, perencanaan yang dibuat secara acak (by accident) harus diubah menjadi perencanaan strategis (by design). Ditinjau dari sudut tantangan, maka pendekatan komparatif harus diubah menjadi pendekatan kompetitif.
Salah satu perubahan yang telah dilakukan adalah dengan mengembangkan Kurikulum Berbasis Kompetensi melalui pendekatan Student Center Learning (SCL) dalam pembelajaran. SCL akan terkait dengan Active Learning dan Cooperative Learning, dimana salah satu faktor dominan dalam keberhasilan mahasiswa adalah mahasiswa itu sendiri. Mereka dituntut supaya lebih aktif dan berinisiatif untuk memperdalam materi yang diberikan dosen dan membahasnya dalam kelompok diskusi. Penekanan kurikulum tidak lagi pada content atau pengetahuan, melainkan pada pengembangan pembelajaran, kemampuan kreatif serta penggunaan informasi baru dan teknologi komunikasi. Dengan demikian, struktur kurikulum harus disesuaikan dengan memperhatikan azas kompetensi, manfaat, kelenturan.
SCL dapat digarap dari berbagai sisi, salah satunya adalah dari sisi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Bentuk dari pelaksanaaan visi dan misi Undana sebagai Universitas Berwawasan Global adalah dengan memperbaharui Portal Undana (www.undana.ac.id) menjadi lebih dinamis dan interaktif lewat penambahan halaman e-learning. Sayangnya karena keterbatasan SDM dosen dibidang ICT dan berbagai kendala lainnya, halaman ini belum dimanfaatkan dengan baik. . Oleh sebab itu, perlu diadakan pelatihan pembuatan blog media pembelajaran yang akan medatangkan banyak keuntungan bagi dosen dan mahasiswa jika dipadukan dengan portal Undana
2.      Tujuan
Pelatihan pembuatan blog media pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis para dosen, mendorong dosen untuk menguasai TIK, memacu mahasiswa agar lebih aktif mencari informasi baru untuk mengembangkan materi perkuliahan yang didapatnya, membuat proses pembelajaran tidak dibatasi ruang dan waktu, membuat link ke portal Undana agar access rating-nya meningkat. Selain itu, meringankan traffic menuju portal Undana, sehubungan dengan kapasitas bandwidth, karena banyak materi perkuliahan yang dapat diakses semua orang tanpa memberatkan Server Undana. Yang paling penting adalah, dengan meningkatnya SDM Dosen dibidang ICT, khususnya pembuatan blog media pembelajaran yang di link ke portal Undana, maka Visi dan Misi Undana sebagai “Universitas Berwawasan Global” dapat terlaksana.

3.  Ruang lingkup Kegiatan
Ruang lingkup kegiatan pembuatan blog media pembelajaran meliputi (1) penyusunan materi sajian pelatihan, yang meliputi (a) Definisi Blog, (b) Pembuatan Blogspot, (c) Kiat Menulis dan Publikasi Online, (d) Menggunakan template Blogspot, (e) Membuat link, (f) Pengelolaan Blogspot,. (g) Pembuatan Wordpress, (h) Menggunakan template Wordpress, (i) Membuat link, (j) Pengelolaan Wordpress. (2)  Pelaksanaan  Pelatihan
Klik disini untuk download materi blogspot. Bahan ini ditautkan pada edipsw.wordpress.com
4. Jadwal Kegiatan

Kegiatan berlangsung  dengan jadwal kegiatan sebagai berikut.
No
Jenis Kegiatan
Alokasi Waktu (hari)

1
Rapat koordinasi
2
2
Penulisan materi sajian
3
3
Pelatihan pembuatan blog media pembelajaran
4